17 oktober, 2008

Berburu buku di dunia maya

Berburu buku di dunia maya
Saat ini dunia maya atau yang lebih dikenal dengan istilah internet sudah menjadi hal yang menjamur di Indonesia, lebih-lebih komputer sudah menjadi kebutuhan primier bagi masyarakat bangsa Indonesia khususnya di kalangan intelektual.
Seiring dengan perkembangan teknologi khusunya internet yang terus berkembang pesat, kecepatan dan kapasitas pengiriman data terus di tingkatkan, perkembangan ini tentu saja menjadikan perubahan kebutuhan yang diperlukan oleh para pengguna( manusia). Sebut saja jika dulu orang melakukan browsing di dunia maya hanya sekedar membuka-buka website untuk mendapatkan informasi yang didapatkan atau hanya sekedar berkirim e-mail ataupun chating, seiring dengan kemudahan yang ada dengan kapasitas yang tinggi dan kecepatan yang tinggi, pemindahan data dapat dilakukan dengan cepat dan dalam jumlah yang besar menjdikan kebutuhan manusia akan informasi berubah, salahsatunya berburu data di dunia ini menjadi trend.
Bagi kalangan akademis mahasiswa dan pelajar hal ini sungguh sangat membantu dalam menambah informasi atas ilmu-ilmu yang akan dipelajari. Hal ini dapat diterapkan dengan maraknya e-book yang beredar di dunia maya baik yang gratisan maupun yandikenai biaya. e-book merupakan elektronikal buku dimana sebuah buku dapat kita download dengan mudah tanpa mengurangi isinya dari buku aslinya atu buku cetak. Bentuk file e-book ini sangatlah beraneka ragam, baik yang sudah berupa softwere, berformat html, pdf, maupun yang menggunakan word.
Situs-situs yang menyediakan buku-buku elektronok ini sudah sangat banyak, bisa dikatakan kita bias memiliki perpustakaan yang memiliki koleksi buku-buku yang tak terbatas. Dari yang gratisan sampai yang harus membayar, dari yang orisinil hingga yang bajakan.
Dalam penulusuran kami, kami menemukan beberapa situs-situs yang menyediakan buku-buku elektronik antara lain,
1. pdfsearchengine.com
Dalam situs ini menampilkan buku-buku ataupun makalah yang berformat pdf, dalam situs ini seperti melakukan pencarian di mesin pencari yang lain seperti google, kita tinggal memasukan kata kunci yang kita inginkan, maka akan dimunculkan berbagai makalah atupun buku yang berkenaan dengan kata kunci yang kita masukan.
Contoh tampilan pdfsearch engine.

2. sharewereebook.com
dalam situs ini pengunjun bisa turut menyumbangkan atau mempublikasikan buku-buku elektronik yang dimilikinya dan bisa pula mengunduh buku-buku yang disediakan di situs ini. Buku-buku yang disediakan di situs ini beragam ada yang gratis dan ada yang dijual.
Selain itu banyak pula situs-situs lain yang menjual maupun yang memberikan e-book secara cuma-cuma
Dunia internet telah memberian kotribusi besar pada pengembangan ilmu pengetahuan selain banyak pula hal-hal negatife yang bisa ditimbulkan, ilmu telah member pilihan pada umat manusia agar bijaksana dalam menggunakanya sehingga bisa menjadi anugrah atau musibah.

Geen opmerkingen: